Sabtu, 05 November 2016

Arsitektur Set Instruksi

 Set instruksi (instruction set) adalah sekumpulan lengkap instruksi yang dapat dimengerti oleh sebuah CPU dengan sebuah kamus berisi daftar perintah apa saja yang dapat dilakukan (didukung) oleh sebuah prosesor, dan biasanya terikat dengan sebuah keluarga arsitektur prosesor tertentu. Berikut adalah jenis – jenis dari set instruksi.

- Data Processing (Aritmathic dan Logic Instruksi)
Data processing adalah jenis pemrosesan yang dapat mengubah data menjadi informasi atau pengetahuan

- Data Storange (Memory Instruction)
Sering disebut sebagai memori komputer, merujuk kepada komponen komputer, perangkat komputer, dan media perekaman yang mempertahankan data digital yang digunakan untuk beberapa interval waktu. Dalam penggunaan kontemporer, memori komputer merujuk kepada bentuk media penyimpanan berbahan semikonduktor, yang dikenal dengan sebutan Random Access Memory (RAM). Akan tetapi, istilah “computer storage” sekarang secara umum merujuk kepada media penyimpanan massal, yang bisa berupa cakram optis, beberapa bentuk media penyimpanan magnetis.

- Data Movement (I/O Instructions)
Data movement terdiri dari 2 bagian besar yaitu :
• Load & Upload [difokuskan untuk memindahkan data yang berupa indeks atau data itu sendiri alias isi dari database tersebut]
• Export & Import [memindahkan data secara lengkap, mulai dari grand, schema, dan seluruhnya]

- Conrtrol (Test and Branch Instruction)
Unit kendali (bahasa Inggris: Control Unit – CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut. Output dari CU ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari perangkat CPU tersebut.

Teknik Pengalamatan instruksi dibagi 7, yaitu:
- Inherent
- Immediate
- Direction
- Extended
- Indexed
- Relative
- Machine Code, Opcode, Mnemonic, Assressing Mode

Source:
http://belajarsiskom.blogspot.co.id/
https://sanusiadam79.wordpress.com/2015/12/30/set-instruksi-program-dan-jenis-jenis-instruksi/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar