Sabtu, 05 November 2016

CPU


CPU ( Central Processing Unit ) merupakan perangkat keras computer yang memiliki fungsi untuk menerima dan melaksanakan perintah dan data dari perangat lunak. CPU merupakan otak dari computer. Tanpa adanya CPU, maka computer tidak akan berfungsi sebagai mestinya. CPU memiliki fungsi untuk menjalankan program yang telah disimpan dalam memori utama, dengan cara mengambil intruksi kemudian menguji intruksi dan mengeksekusinya sesuai alur perintah.
  • BUS

BUS Sistem terdiri dari sejumlah bus yang berlainan yang menyediakan jalan antara dua buah komponen yang menghubungkan komponen-komponen utama komputer (CPU, Memori, I/O). Sistem bus adalah penghubung bagi keseluruhan komponen komputer dalam menjalankan tugasnya. Struktur Bus dibagi menjadi 3, yaitu “Saluran Data”, “Saluran Alamat”, “Saluran Kontrol”.
Bus sendiri dibagi juga menjadi beberapa elemen diantaranya:

  • Jenis Bus
  1. Dedicated
  2. Time Multiplexed


  • Metode Arbitrasi


  1. Sentralisasi
  2. Distribusi


  • Timing


  1. Synchronous
  2. Asynchronous


  • Bandwidth Bus
  • Jenis Transfer Data



  • ALU


Arithmatic Logical Unit (ALU), adalah salah satu bagian/komponen dalam sistem didalam sistem komputer yang berfungsi melakukan operasi/perhitungan aritmatika danlogika (Contoh operasi aritmatika adalah operasi penjumlahan dan pengurangan, sedangkancontoh operasi logika adalah logika AND dan OR. ALU bekerja besama-sama memori, di manahasil dari perhitungan di dalam ALU di simpan ke dalam memori.Perhitungan dalam ALU menggunakan kode biner, yang merepresentasikan instruksiyang akan dieksekusi (opcode) dan data yang diolah (operand). ALU biasanya menggunakansistem bilangan biner two’s complement. ALU mendapat data dari register. Kemudian datatersebut diproses dan hasilnya akan disimpan dalam register tersendiri yaitu ALU outputregister, sebelum disimpan dalam memori. Arithmatic Logical Unit (ALU), fungsi unit ini adalah untuk melakukan suatu proses datayang berbentuk angka dan logika, seperti data matematika dan statistika. ALU terdiridari register-register untuk menyimpan informasi.Tugas utama dari ALU adalah melakukan perhitungan aritmatika (matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. Rangkaian pada ALU (Arithmetic and Logic Unit) yang digunakan untuk menjumlahkan bilangandinamakan dengan Adder. Adder digunakan untuk memproses operasi aritmetika, Adder jugadisebut rangkaian kombinasional aritmatika.


  • Set Register


Register prosesor adalah sejumlah kecil memori yang bekerja dalam kecepatan sangat  tinggi untuk melakukan eksekusi terhadap program-program komputer dengan menyediakan akses yang cepat terhadap nilai-nilai umum yang digunakan. nilai-nilai yang umum digunakan adalah nilai yang sedang dieksekusi dalam waktu tertentu.
Jenis jenis register pada prosesor :

  • Register data ,  digunakan untuk menyimpan angka-angka dalam bilangan bulat (integer).
  • Register alamat, digunakan untuk menyimpan alamat-alamat memori dan juga untuk mengakses memori.
  • Register general purpose, digunakan untuk menyimpan angka dan alamat secara sekaligus.
  • Register floating-point, digunakan untuk menyimpan angka-angka bilangan floating point.
  • Register konstanta (contant register), digunakan untuk menyimpan angka-angka tetap yang hanya dapat dibaca (bersifat read only), semacam phi,null,true, false
  • Register vector, digunakan untuk menyimpan hasil pemrosesan vektor yang dilakukan oleh prosesor SIMD
  • Register special purpose ,digunakan untuk menyimpan data internal prosesor, seperti halnya instruction pointer, stack pointer, dan status register.
  • Register yang spesifik terhadap model mesin(machine-specific register), dalam beberapa arsitektur tertentu, digunakan untuk menyimpan data atau pengaturan yang berkaitan dengan prosesor itu sendiri. Karena arti dari setiap register langsung dimasukkan ke dalam desain prosesor tertentu saja, mungkin register jenis ini tidak menjadi standar antara generasi prosesor.

Source:
http://www.academia.edu/6554450/Sistem_Bus
https://www.scribd.com/doc/137705503/Pengertian-ALU
http://gijutsusekai.blogspot.co.id/2015/09/apa-itu-register.html
http://pengayaan.com/pengertian-cpu-dan-fungsinya/


Tidak ada komentar:

Posting Komentar